">animasi bergerak naruto dan onepiece
Arknight Demon Sword's

Friday, November 16, 2012

Dewa kuno Kesir



Matahari dewa dari mesir


Para Dewa Mesir Kuno
 
R  a

 
  Ayah para dewa


     Heliopolis dan seluruh Mesir.

    
Atribut: Dari sangat awal kali Ra adalah dewa matahari. Dia mengambil banyak atribut dan bahkan nama-nama dewa lain sebagai mitos Mesir berevolusi. Sebuah contoh yang baik dari ini adalah Ra dewa Amun dan penggabungan menjadi Amun-Ra atau Ra dan Horus menggabungkan menjadi Ra-Harakhte. Karena Ra adalah dewa yang sangat kuno, ada jauh untuk banyak cerita terhubung dengan dia untuk berhubungan mereka semua. Saya akan berhubungan beberapa yang saya anggap menarik, termasuk legenda Ra dan Hathor.

    
. . . . Satu negara. Legenda bahwa setiap hari, Ra lahir dan memulai perjalanan melintasi langit. Ra diyakini untuk bepergian dalam perahu-Manjet. atau 'Barque dari Jutaan Tahun. Dia bergabung dalam perjalanan sehari-hari oleh awak banyak dewa. The Manjet-kapal akan berlayar melalui dua belas provinsi, mewakili dua belas jam dalam satu hari. Pada akhir setiap hari Ra dianggap mati dan memulai perjalanan malamnya. Untuk perjalanan ini dia dipanggil Auf, yang berarti 'mayat'. Ra berlayar di perahu disebut Mesektet-perahu atau malam-barque perjalanannya melalui dua belas jam kegelapan



    
.. . . . Itu. Tidak selalu berjalan mulus pada kapal ini. Pada siang hari Ra harus mengalahkan musuh utamanya, ular atau ular bernama Apep. Pertempuran besar itu faught antara Ra dan Apep, dan Ra biasanya menang, namun pada hari badai atau selama gerhana Mesir percaya bahwa Apep telah menang dan menelan matahari.. . . . Karena angin bertiup tidak ada di Underworld,. Auf (Ra) harus bergantung pada roh ramah dan berbagai setan untuk membantu tow barque di sepanjang sungai di dunia bawah. Pekerjaan utama Auf di Bawah adalah untuk membawa cahaya untuk jiwa-jiwa orang mati saat ia melewati wilayah mereka. Setelah kepergiannya jiwa-jiwa jatuh kembali ke dalam kegelapan kesepian. The Underworld mitos ini surya awal adalah tempat yang sangat berbeda maka bidang perdamaian yang kita temukan dalam kultus Osiris dari periode kemudian.

    
Representasi: Dia sering digambarkan sebagai elang atau elang menuju pria dengan disk surya dikelilingi oleh uraeus di kepalanya. Ia sering digambarkan memakai mahkota ganda Mesir atas dan bawah.



    
Hubungan: Bapa dari pasangan ilahi pertama, Shu dan Tefnut. Kakek dari Geb dan Nut, yang anak-anak Osiris dan Isis, Seth dan Nephthys.



    
Nama lainnya: Re, Phra.



 Osiris

image 

Dalam ruang pemakaman indah dihiasi Ramses I., Kita melihat para dewa Osiris duduk dan Khepri. Osiris adalah raja orang mati. Legenda mengatakan dia adalah raja pertama di Mesir untuk mumi. Mumifikasi ini dilakukan oleh istrinya berduka, Isis. Osiris mewujudkan gagasan kelahiran kembali di akhirat. Dia ditampilkan sebagai mumi yang dibungkus dengan kain putih. Kulit hijau mewakili kelahiran kembali vegetasi setelah banjir tahunan sungai Nil. Khepri adalah scarab-dewa berkepala. Itu Khepri yang akan mendorong barque matahari perjalanan hariannya melintasi langit. Ia juga dikaitkan dengan kelahiran kembali ke alam baka. Iun Mutef berdiri di depan Osiris, memakai kulit macan tutul yang merupakan tanda dari imamat. Iun Mutef adalah bentuk dari "dukungan dari ibunya" yang berarti dewa Horus. Bentuk Horus mengambil fungsi mungkin imam.


gunakan peta dengan mengklik panah merah.







  Amon



Amon (Amun, dalam bahasa Inggris) "The tersembunyi" simbol daya kreatif dan "Bapa dari semua angin" dalam mitologi Mesir.
Amon, diidentifikasi oleh dua hiasan kepala bulu panjang tersegmentasi.

Amon Helenisasi dengan nama Mesir Amen. Awalnya dewa Theba, yang kultusnya dipopulerkan ketika kota Thebes menjadi salah satu yang paling berpengaruh dari Mesir, setelah pengusiran Hyksos di tangan para pangeran Thebes yang akan menimbulkan Dinasti Seventeenth

Ia digambarkan sebagai seorang pria dengan kulit hitam atau biru, atau sebagai hewan, kepala domba jantan itu. Dalam salah satu pernyataan di atas menjalankan kepalanya penutup kepala terdiri dari dua pena, dibagi menjadi beberapa bagian, dan disk surya di dasar. Ini bisa membawa uas tongkat dan Ankh.

Kadang-kadang tampak seperti mumi, sebagai pencipta dewa, seekor domba jantan atau empat kepala, dengan tanduk yang kuat di sekitar telinga mereka, sphinx criocéfala, ular, singa, atau angsa.

Dalam Teks Piramida dianggap sebagai dewa udara, namun kemudian dikaitkan dengan Ra, dewa Heliopolis, dewa Surya, di bawah nama Amun-Ra menjadi dewa utama dari agama Mesir, dan yang namanya mengambil firaun beberapa titulary nya.

Ini adalah penyebutan pertama yang diketahui Allah dalam Teks Piramida Kerajaan Tua, mendapatkan menonjol menjelang akhir Periode Menengah Pertama di Thebes.
Patung Tutankhamun (Tut) sebagai Amun di Kuil Karnak.

Selama Dinasti Keduabelas dari Kerajaan Tengah (c. 2.000-1.800 SM.), Tenun besar di Thebes, di mana ia mendirikan kuil Karnak disebut.

Pada awal Kerajaan Baru dianggap dewa dinasti, karena ia mengaku firaun pengabdian Theba, melampaui dominasi prajurit dewa Montu, lain dewa disembah di Thebes. Perang melawan Hyksos yang dilakukan oleh para pangeran dari Dinasti XVII Thebans juga menyebabkan ketinggian dewa kota keilahian panteon Mesir tertinggi, kemenangan sekali dicapai dengan pembebasan dan reunifikasi.

Para imam Amun menjadi sektor yang paling berpengaruh dari masyarakat Mesir selama Kerajaan Baru, bahkan untuk menghadapi apa yang disebut "sesat pharaoh" Amenhotep IV (Akhenaten). Pada saat ini mulai sintesis mereka dengan Ra dewa kuno, dengan nama "Amin-Ra".

Dalam Periode Akhir Mesir memperoleh karakter universal, yang dikenal dengan nama Yunani Amun-Ra-sonter "Amen-Ra, raja para dewa."


Amon merupakan seperangkat konsep-konsep abstrak yang berhubungan dengan udara, karena di mana-mana dan setiap saat, sehingga menimbulkan judul "yang tersembunyi" karena ia tidak bisa melihat, tetapi merasa, dan murah hati menghadiri permintaan bahwa orang-orang tidak bisa melalui doa dan persembahan. Amon dikaitkan dengan dewa-dewa lain, dan istri-istri mereka Amonet dan Mut, dan Khonsu putra mereka. Dalam Debod, Dakka dan memiliki pendamping untuk Satis Dendur.


Kultus Amun mencapai major pentingnya dengan pengusiran Hyksos, dicapai pada Dinasti XVII akhir, oleh pangeran berasal dari Uaset (Thebes).

Dengan demikian, kota Thebes, dan dewa Amun yang erat terkait. Di Mesir kuno, setiap kota memiliki dewa tertentu daerah, Akhmim dengan Min, Amun Thebes, yang didedikasikan untuk dewa Ptah Memphis, Abydos Osiris, Ra Heliopolis ibadah dan sejumlah kota-kota kecil dan kota-kota memiliki tuhan lokal mereka , sebagai pelindung kota, misalnya dengan dewi Buto Wadjet Mesir dilambangkan oleh asp, sering terlihat sebagai atribut nyata dalam mahkota para firaun.

Sebuah fitur dari panteon Mesir adalah kebiasaan dewa-dewa mereka dikelompokkan dalam triad: biasanya beberapa dengan anak di Abydos adalah kultus Isis, Osiris, dan Horus anaknya, ibadah di Heliopolis Shu dan Tefnut, dengan atau Geb Nut, dan wilayah Thebes, pasangan ilahi yang dibentuk oleh Amon dan Mut istrinya, dengan Khonsu putra mereka.

Beberapa karakter dari judulnya Mesir mengadopsi nama Amun (Amin): empat firaun dari Dinasti XII, yang disebut Amenemhat, "Amun adalah yang pertama", beberapa Dinasti XIII, empat firaun dari Dinasti XVIII, Amenhotep disebut " Amin puas "oleh orang Yunani disebut Amenhotep, seperti Tutankhamun yang terkenal (Tut)" gambar hidup Amun ", atau Amenhotep IV, Amenmeses dari dinasti kesembilanbelas, Amenemopet" Amun di Thebes adalah "Siamun dari Dinasti XXI,Kembali ke atas




Isis
Arasy.

 

Sebuah candi didedikasikan kepadanya di Pulau Philae, dekat air terjun yang pertama. Dia dihormati di seluruh Mesir.

     Atribut: Isis adalah salah satu dewi yang paling awal dan paling penting di Mesir kuno. Dia dianggap sebagai mitra feminin untuk Osiris, peran dia mungkin diduduki sebelum fajar dinasti Mesir. Tidak ada dewa Mesir lainnya telah berdiri ujian waktu serta Isis. Sekte-nya tidak padam dengan dewa Mesir lainnya, namun dipeluk oleh orang Yunani dan Romawi, ibadah nya bahkan telah berlangsung ke hari ini.

     Dia dihormati oleh rakyat Mesir sebagai dewi ibu-besar dan mewakili semangat ibu dalam bentuk yang paling intim. Dia sering terlihat menyusu dengan Horus muda. Dalam legenda Osiris dia dipandang sebagai istri yang berbakti, seorang janda berduka dan sebagai pelindung dari orang mati.

     Sebagai seorang dewi bersayap dia mungkin merupakan angin. Dalam legenda Osiris ada referensi ke Isis meratap dan mengerang seperti angin. Dia juga terus bepergian naik dan turun tanah untuk mencari suaminya yang hilang. Setelah menemukan tubuh Osiris ', ia mengambil bentuk salah satu burung tercepat, layang-layang. Mengepakkan dan melesat di atas mayat dia meratap berkabung. Dia mengembalikan kehidupan Osiris dengan mengepakkan sayapnya dan mengisi mulut dan hidungnya dengan udara.

     Isis adalah enchantress besar, dewi sihir. Bersama dengan Thoth, ia mengajari manusia rahasia kedokteran. Dia adalah embalmer dan Gaurdian Osiris. Dia sering diberikan pada kaki peti mati dengan sayap yang panjang menyebar untuk melindungi almarhum.

     Representasi: Seorang wanita yang mengenakan atas kepalanya simbol hiroglif namanya, yang merupakan tahta atau kursi. Sering terlihat mengenakan tanduk dan disk surya di kepalanya. Kadang-kadang dia digambarkan dengan sayap, Perlu dicatat bahwa dia adalah salah satu dari hanya beberapa dewa yang kita temukan dengan sayap dalam mitologi Mesir kuno.

     Hubungan: Putri Nut dan Geb. Adik dari Osiris, Nephthys, dan Seth. Istri Osiris. Ibu dari Horus.

Horus


Horus adalah salah satu dewa paling penting dalam agama Mesir Kuna, ia dipuja sejak kurun pra-dinasti hingga masa Yunani dan Romawi. Horus adalah putra Isis dan Osiris, akan tetapi di lain tradisi, Hathor dianggap sebagai ibunya, bahkan terkadang isterinya.Dalam pantheon Mesir, Horus dipuja sebagai dewa langit, dewa perang, dan dewa pelindung. Berbagai bentuk perwujudan Horus tercatat dalam sejarah tetapi dianggap sebagai dewa-dewa berbeda oleh Egyptolog.Berbagai bentuk yang berbeda ini mungkin merupakan berbagai persepsi yang sama namun berlapis-lapis yang menonjolkan ciri tertentu atau hubungan sinkretis satu sama lain, sesuai dengan cara pandang Mesir Kuno memandang bahwa terdapat banyak aspek dari realitas.

Bentuk perwujudan paling awal dari Horus adalah Rajawali yang merupakan dewa pelindung Nekhen di Mesir Atas dan juga merupakan salah satu dewa nasional pertama Mesir. Dewa ini secara khusus dikaitkan dengan raja (firaun) yang ketika hidup dianggap sebagai manifestasi Horus di muka bumi dan sebagai Osiris ketika sudah wafat.Hubungan keluarga yang paling sering ditemui menggambarkan Horus sebagai putra dari Isis dan Osiris tetapi di lain Hathor tradisi dianggap sebagai ibunya dan kadang-kadang sebagai istrinya . Horus melayani banyak fungsi di jajaran Mesir, terutama menjadi dewa matahari, perang dan perlindungan.

 

Dalam kedalaman candi,. Panduan kami menunjukkan kepada kita pintu perangkap. Scrambling menuruni tangga pendek, merangkak melalui lubang kecil kita menemukan diri kita dalam koridor, dingin sempit. Diterangi oleh serangkaian lampu listrik, dinding bersinar. Mereka terbuat dari alabaster, diukir indah pada relief rendah. Cat masih menempel di tempat-tempat sementara yang lain dipoles oleh sentuhan generasi. 

Anubis
Guardian of the underworld.

Guardian of Necropolis (pemakaman). Dia adalah panduan orang mati karena mereka membuat jalan mereka melalui kegelapan neraka. Sebagai pelindung sihir, diyakini ia bisa meramalkan nasib orang, dalam peran ini dia adalah penyiar kematian.

     Anubis adalah pelindung pembalseman. Dia juga penjaga racun dan obat-obatan. Dia menyediakan unguents dan tumbuhan langka untuk membantu Isis dan Nephthys dengan pembalseman Osiris. Anubis kemudian melakukan pemakaman Osiris, yang akan menjadi model untuk semua pemakaman yang akan datang. Saat ia menerima mumi ke makam, ia melakukan 'Pembukaan Mulut' upacara.

     Dalam "Hall of Maat", Anubis muncul atas nama almarhum. Itu Anubis yang melihat bahwa balok skala besar berada di posisi yang tepat saat ia mengawasi penimbangan jantung orang yang meninggal terhadap bulu Maat. Dewa pengetahuan, Thoth, mencatat hasil. Hal ini juga Anubis yang melindungi mati dari Ammut, para 'Devourer'.

     Representasi: Seorang pria dengan kepala seekor serigala. Seekor anjing atau seekor serigala.

     Hubungan: Anak Nephthys dan Osiris, beberapa percaya dia menjadi anak Set. Kemudian diadopsi oleh Isis.
  

 
 
Sobek
He who causes to be fertile.

 
Crocodilopolis di Faiyum, setelah Dinasti Keduabelas ia menyembah mana-mana dengan pusat kultus di Kom Ombo, Thebes, dan di Danau Moeris.Atribut: Dikagumi dan takut untuk keganasan nya. Pada perintah Ra, Ia melakukan tugas-tugas seperti penangkapan dengan jaring empat anak Horus ketika mereka muncul dari perairan dalam mekar lotus. Kadang-kadang diidentifikasi dengan Seth saat Seth mengambil bentuk buaya. Dikatakan bahwa dalam legenda Osiris, Horus berbentuk buaya dalam rangka untuk mengambil bagian-bagian tubuh Osiris yang dibuang ke Sungai Nil oleh Seth.

     Representasi: Seekor buaya, buaya mumi atau sebagai seorang pria dengan kepala buaya-. Kadang-kadang memakai tanduk seperti yang Amon-Ra, dan disk surya.

     Hubungan: Anak Neith dari Sais.

     Nama lainnya: Sebek, Sebek-Ra, Sobk, Suchos, Sobki atau Soknopais.






Thoth
The Great Measurer.


 
Eshmunen atau Hermopolis.

     Atribut: Thoth adalah dewa bulan yang memainkan peran penting dalam legenda Osiris dan penghakiman dari orang mati di Aula Maat. Thoth dikatakan perkasa dalam pengetahuan dan pidato ilahi. Para Penemu dari bahasa lisan dan tulisan. Sebagai tuan buku ia adalah inti dari para dewa dan pelindung dari semua ahli Taurat. Dia dikreditkan dengan inventing astronomi, geometri, dan obat-obatan. Thoth adalah pengukur dari bumi dan penghitung bintang-bintang, penjaga dan pencatat dari semua pengetahuan. Itu Thoth yang diyakini telah menulis teks-teks keagamaan penting seperti Kitab Orang Mati. Dalam teks ini, ia muncul di Aula Maat sebagai juru memegang buluh menulis dan palet untuk mencatat hasil penimbangan jantung almarhum terhadap bulu Maat.

  


  Representasi: Seorang pria dengan kepala Ibis. Sebuah ibis atau kera. Seekor anjing menghadapi kera. Ia sering terlihat mengenakan disk lunar dan cresant di kepalanya atau mahkota Atef.

     Hubungan: Self dikandung pada awal waktu. Suami Maat. Saudara dan beberapa kali suami dari Seshat.

     Nama lainnya: Tehuti.


sekhmet
Sekhmet

Sekhmet (Sakhmet) adalah salah satu dewa tertua Mesir dikenal. Namanya berasal dari kata Mesir "Sekhem" (yang berarti "kekuatan" atau "kekuatan") dan sering diterjemahkan sebagai "Satu Powerfull". Dia digambarkan sebagai seorang wanita berkepala singa, kadang-kadang dengan penambahan disk matahari di kepalanya. Arca duduk menunjukkan padanya memegang Ankh kehidupan, tetapi ketika dia terbukti melangkah atau berdiri dia biasanya memegang tongkat terbentuk dari papirus (simbol utara atau Mesir Hilir) menunjukkan bahwa dia dikaitkan terutama dengan utara. Namun, beberapa ulama berpendapat bahwa dewa diperkenalkan dari Sudan (selatan Mesir) di mana singa yang lebih banyak.Dia sering terkait erat dengan Hathor (dewi sukacita, musik, tari, cinta seksual, kehamilan dan kelahiran). Dalam kemitraan ini, ia dipandang sebagai aspek yang keras dari Hathor ramah. Sebuah candi dibangun oleh Amenemhet II Sekhmet-Hathor di Kom el Hisn (Imau di Delta Barat) di mana ia dan Hathor disebut sebagai "Nyonya Imau". Imau terletak di dekat sebuah cabang dari Sungai Nil yang sejak bergeser ke arah timur, tetapi di zaman kuno kota itu tepat di tepi gurun pada rute ke perbatasan Libya. Jelas diharapkan bahwa Sekhmet akan melindungi perbatasan.Pusat pemujaan utama Sekhmet adalah di Memphis (Men Nefer) di mana ia dipuja sebagai "perusak" bersama kekasihnya, Ptah (pencipta) dan Nefertum (penyembuh).Sekhmet diwakili oleh panas yang membakar dari matahari tengah hari (dalam aspek ini ia kadang-kadang disebut "Nesert", api) dan dewi yang mengerikan. Namun, untuk teman-temannya ia bisa mencegah wabah dan menyembuhkan penyakit. Dia adalah pelindung Dokter, dan Penyembuh dan imam-nya dikenal sebagai dokter yang terampil. Akibatnya, dewa menakutkan kadang-kadang disebut "lady teror" juga dikenal sebagai "lady kehidupan". Sekhmet disebutkan beberapa kali dalam mantra dari Kitab Kematian baik sebagai kekuatan kreatif dan destruktif, tetapi di atas semua, dia adalah pelindung Ma'at (keseimbangan atau keadilan) bernama "The One Who Loves Ma'at Siapa yang membenci dan Jahat ".


Pendant depicting the Tutankhamun with Sekhmet and Ptah from www.egyptarchive.co.uk  

Ramesses II with Sekhmet and Ptah


Dia juga dikenal sebagai "Lady of Sampar" dan "Lady Merah" (menunjukkan keselarasan nya dengan padang pasir) dan ia berpikir bahwa ia bisa mengirim tulah terhadap mereka yang marah padanya. Ketika pusat kekuasaan bergeser dari Memphis ke Thebes selama Kerajaan Baru Triad Theba (Amun, Mut, dan Khonsu), atribut Sekhmet yang diserap ke dalam dari Mut (yang terkadang berupa singa).Sekhmet di Kom Ombo cipta Gerard Ducher 
Sekhmet at Kom Ombo copyright Gerard DucherDia dikaitkan dengan dewi diberi judul "Eye of Ra". Menurut mitos, Ra menjadi marah karena manusia tidak mengikuti hukum dan melestarikan Ma'at (keadilan atau keseimbangan). Dia memutuskan untuk menghukum manusia dengan mengirim aspek putrinya, "Eye of Ra". Dia memetik Hathor dari Urea di dahinya, dan mengirimnya ke bumi dalam bentuk singa. Dia menjadi Sekhmet, yang "Eye of Ra" dan mulai mengamuk nya. Bidang berlari dengan darah manusia. Namun, Ra bukanlah dewa yang kejam, dan pemandangan pembantaian menyebabkan dia untuk bertobat. Ia memerintahkan dia untuk berhenti, tapi dia dalam darah nafsu dan tidak mau mendengarkan. Jadi Ra dituangkan 7.000 kendi bir dan jus delima (yang bernoda darah merah bir) di jalannya. Dia kenyang pada "darah" dan menjadi begitu mabuk dia tidur selama tiga hari. Ketika ia terbangun, darahnya nafsu telah hilang, dan kemanusiaan diselamatkan. Dalam salah satu versi dari mitos, Ptah adalah hal pertama ia melihat pada awaking dan dia langsung jatuh cinta dengan dia. Serikat mereka (penciptaan dan kehancuran) dibuat Nefertum (penyembuhan) dan sebagainya didirikan kembali Ma'at.

Penghematan umat manusia diperingati setiap tahun pada hari raya Hathor / Sekhmet. Semua orang minum bir bernoda dengan jus delima dan menyembah "sebagai Nyonya dan wanita dari makam, anggun salah, perusak pemberontakan, perkasa salah satu pesona". Sebuah patung Sekhmet mengenakan merah menghadap barat, sementara Bast mengenakan hijau dan berwajah timur. Bast kadang-kadang dianggap sebagai mitra Sekhmet (atau kembar tergantung pada legenda), dan dalam festival Hathor mereka wujudkan dualitas pusat mitologi Mesir. Sekhmet mewakili Mesir Hulu sementara Bast diwakili Mesir Hilir.Sekhmet terkait erat dengan kerajaan. Dia sering digambarkan sebagai ibu dari Maahes, dewa singa yang merupakan pelindung firaun dan teks piramida (dari dinasti lima) menunjukkan bahwa Firaun itu dikandung oleh Sekhmet. Sebagai contoh, salah satu lega menggambarkan Niuserre Firaun yang disusui oleh Sekhmet. Ini mitos kuno yang bergema dalam relief Kerajaan Baru di kuil Seti I yang menggambarkan Firaun sedang disusui oleh Hathor yang judulnya adalah "nyonya rumah dari Sekhmet". Ramses II (anak Seti) mengadopsi dia sebagai simbol kekuasaannya dalam pertempuran. Dalam membeku menggambarkan Pertempuran Kadesh, Sekhmet muncul di atas kudanya, api nya terik mayat tentara musuh. Tapi, salah satu Firaun pada khususnya tampaknya memiliki obsesi dengan Sekhmet. Amenhotep III (ayah dari Akhenaten, Dinasti Delapan belas) dibangun ratusan patung Sekhmet di daerah pusat candi Mut ini (dikenal sebagai "Isheru") selatan Candi Agung Amun di Karnak. Diperkirakan bahwa ada satu untuk setiap hari dalam setahun dan bahwa persembahan yang dibuat setiap hari.



Khnum

KhnumKhnum


Khnum (Khnemu, Khenmu, Khenmew, Chnum) adalah salah satu dewa yang paling kuno Mesir, yang ibadah diperkirakan telah populer sejak periode Predinastik. Referensi dari Teks Piramida Unas mengkonfirmasi bahwa ibadahnya sudah lama didirikan bahkan pada tahap awal dan Kerajaan Lama Firaun Khufu (pembangun dari Piramida Agung) sebenarnya disebut "Khnum-Khufu" ("Khnum adalah Pelindungnya"). Namun, tampaknya bahwa kultus Ra (atau Re) naik menjadi dominasi pada waktu itu dan Khnum didorong ke sela-sela sebagai anak Khufu dan cucu (Khaf-Re dan Menkau-Re) berdua mengambil nama menghormati Ra.KhnumKhnum awalnya dewa air yang dianggap menguasai semua air, termasuk sungai dan danau dari neraka. Dia dikaitkan dengan sumber Sungai Nil, dan memastikan bahwa genangan lumpur hitam disimpan cukup berharga ke tepi sungai untuk membuat mereka subur. Lumpur juga membentuk tanah liat, bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat tembikar. Akibatnya ia terkait erat dengan seni tembikar. Menurut salah satu mitos penciptaan, Khnum dibentuk segalanya pada roda tembikar nya, termasuk orang-orang dan para dewa lainnya. Dalam Iunyt (Esna, di Nome 3 dari Upper Mesir) itu diusulkan bahwa ia juga menciptakan "Telur Pertama" dari mana matahari lahir (sebagai Nefertum, Atum atau Ra).

Khnum at Esna copyright John Campana

Serta menciptakan tubuh dan "ka" (spirit) dari setiap anak yang baru lahir, dia bisa memberkati anak. The Papyrus WESTCAR dari Periode Menengah Kedua termasuk kisah Khufu dan Magician di mana kelahiran tiga firaun dihadiri oleh Isis, Nephthys, Meskhenet, Heqet dan Khnum. Setelah setiap anak lahir Khnum memberi mereka karunia "kesehatan". The Hatshepsut firaun juga mengklaim bahwa Khnum telah membentuk dirinya "ka" dan memberinya berkat kesehatan atas permintaan "ayah" nya Amun-Ra.Khnum juga dewa pelindung orang mati. Mantera menyerukan bantuan Khnum dapat ditemukan dalam Kitab Orang Mati dan banyak hati-scarabs dikebumikan dengan mati karena ia berpikir bahwa ia akan membantu almarhum mendapatkan penilaian yang menguntungkan di Halls of Ma'at.Ram itu dianggap sebagai hewan yang sangat kuat, dan sebagainya Khnum itu assocaited dengan kesuburan. Dia membuat sebuah penampilan di "Stele Kelaparan" ditemukan di Sehel pulau. Prasasti (yang diduga ditulis pada masa pemerintahan Djoser) mengatakan bahwa Firaun bermimpi bahwa dewa akan memberikan negara dari kelaparan mengerikan jika sebuah kuil dibangun untuk menghormatinya. Firaun segera ditahbiskan kuil untuk Khnum, dan seperti yang dijanjikan kelaparan berakhir.Khnum adalah salah satu dewa yang dianggap telah membantu Ra pada perjalanan berbahaya nokturnal nya melalui bawah. Hal ini juga berpikir bahwa ia menciptakan perahu yang membawa Ra dan membantu mempertahankan dewa matahari melawan Apep ular (Apothis). Namun, ia kadang-kadang dianggap sebagai "ba" Ra, karena kata "ram" di Mesir juga "ba". Ketika Khnum digabung dengan Ra untuk membentuk dewa komposit Khnum-Ra dewa ini dikaitkan dengan Nun (yang mewakili perairan primeaval), dan diberi julukan Hap-ur ("besar Nil" atau "Nil surga").Khnum di Esna cipta John CampanaThe triad Elephantine: Satet, Anuket dan Khnum


Pemujaannya dipusatkan di pulau Abu (Elephantine 1 nome dari Upper Mesir) di mana ia telah disembah sejak masa Dinasti Awal. Selama Kerajaan Baru ia dipuja di sana sebagai kepala triad dengan Satet istri dan Anuket putrinya. Ia juga disembah di Esna (Iunyt) di mana ia berpikir untuk menikah dengan baik Menhet dan Nebtu (dewi lokal) dan menjadi ayah dari Heka (dewa sihir yang dikenal sebagai "Dia Yang Mengaktifkan Ka"). Ia juga meskipun untuk menjadi suami Neith di Esna. Dalam Antinoe (Her-wer) dia menikah dengan Heqet, dewi katak terkait dengan persalinan dan konsepsi. Dia dikaitkan dengan-Nya shef di Herakleopolis Magna, dan sering dikaitkan dengan Osiris. Dia kadang-kadang dikaitkan dengan Isis untuk mewakili Mesir Hulu, seperti Ptah-Tanen dikaitkan dengan Nepthys dalam mewakili Mesir Hilir.Namanya berasal dari akar khnem, "untuk bergabung, untuk bersatu," dan dengan khnem, "membangun", astronomis nama mengacu pada "conjuction" dari matahari dan bulan pada musim menatap tahun, Khnum adalah ' Ayah dari Ayah dan Bunda Ibu 'dari Firaun. Sebagai dewa air ia kadang-kadang disebut "KebH", yang berarti "memurnikan". Dia digambarkan baik sebagai ram, seorang pria dengan kepala seekor domba jantan atau seorang pria dengan tanduk domba jantan. Dia (sangat jarang) digambarkan dengan kepala elang, menunjukkan koneksi surya nya. Dia sering memakai mahkota putih berbulu dari Mesir Hulu dan kadang-kadang ditunjukkan memegang stoples dengan air yang mengalir keluar dari itu menunjukkan link nya dengan sumber Sungai Nil. Selama periode awal ia digambarkan sebagai jenis awal ram dijinakkan (dengan tanduk pembuka botol panjang tumbuh horizontal keluar dari kepalanya), namun di kemudian hari diwakili oleh jenis yang sama ram sebagai Amun (dengan tanduk melengkung ke dalam ke arahnya). Sesekali ia digambarkan dengan empat kepala ram (mewakili dewa matahari Ra, dewa udara Shu, dewa bumi Geb dan Osiris dewa dunia bawah). Dalam bentuk ini ia dikenal sebagai Sheft-hat.


Nephthys

Nebthwt (Nephthys)Nebthwt

Nephthys copyright Sully
Nephthys adalah dewi kuno, yang dirujuk dalam teks dating kembali ke Kerajaan Lama. Dia adalah anggota dari Ennead dari Heliopolis sebagai putri Geb dan Nut dan adik Osiris, Isis dan Horus dan adik dan istri dari Set. Ketika Ennead dan Ogdoad digabung, Nephthys diberi tempat di perahu Ra sehingga ia bisa menemaninya dalam perjalanannya melalui bawah. Nephthys adalah pengucapan Yunani namanya. Untuk orang Mesir Kuno dia Nebthwt (Nebhhwt atau Nebthet) yang berarti "sebagai Nyonya DPR". Kata "HWT" ("rumah") bisa merujuk ke langit (seperti pada HWT-hor, "House of Horus" - nama Hathor), tetapi juga merujuk ke salah satu keluarga kerajaan atau Mesir secara keseluruhan. Yang terakhir ini membuat banyak akal saat ia digambarkan sebagai kepala rumah tangga dari para dewa dan diduga untuk memperluas perlindungan ke betina kepala setiap rumah tangga. Dia kadang-kadang dikaitkan dengan Ptah-Tanen dalam mewakili Mesir Hilir, sedangkan Khnum dan Isis diwakili Mesir Hulu.Tampaknya dia awalnya dipahami sebagai mitra perempuan Set. Dia mewakili gurun, sementara dia mewakili udara. Set adalah tidak subur (seperti gurun yang ia mewakili) dan sering digambarkan sebagai baik biseksual atau gay dan begitu Nephthys sering dianggap mandul. Sebagai dewi udara, dia bisa mengambil bentuk seekor burung, dan karena dia mandul dia dikaitkan dengan burung pemakan bangkai - seekor burung yang orang Mesir percaya tidak melahirkan anak. Orang Mesir berpikir bahwa semua burung nasar adalah perempuan (karena ada sedikit perbedaan dalam penampilan burung pemakan bangkai laki-laki), dan bahwa mereka diciptakan secara spontan dari udara. Sementara perawatan ditunjukkan oleh burung pemakan bangkai ibu untuk anaknya sangat dihormati, Mesir juga mengakui bahwa burung nasar diberi bangkai dan terkait mereka dengan kematian dan kerusakan. Akibatnya, Nephthys menjadi dewi kematian dan berkabung.Nephthys



NephthysPelayat profesional yang dikenal sebagai "Hawks dari Nephthys", sebagai pengakuan atas perannya sebagai dewi berkabung. Ia juga percaya bahwa dia dilindungi Hapi dalam perannya sebagai dari Empat putra Horus (yang menjaga organ yang disimpan dalam empat guci kanopik). Hapi melindungi paru-paru, dan sebagai goddes dari Nephthys udara adalah walinya. Dia juga salah satu dari empat dewi yang menjaga kuil terkubur dengan Firaun. Dia muncul dengan Isis, Selkit (Serqet) dan Neith di kuil berlapis emas Tutankhamun, tetapi sering digambarkan dengan Isis, Bast dan Hathor dalam peran ini. Namun, ia juga mengatakan untuk menjadi sumber baik hujan dan sungai Nil (mengasosiasikan dirinya dengan Anuket) dan diduga untuk melindungi perempuan saat melahirkan (dengan bantuan adiknya, Isis). Dengan demikian ia terkait erat dengan kedua kematian dan kehidupan.Meskipun ia secara teknis tidak subur, mitos kemudian mengklaim bahwa dia adalah ibu dari Anubis baik oleh Osiris atau Set (tergantung pada mitos). Hal ini terjadi karena posisi Anubis 'sebagai dewa orang mati itu dirampas oleh Osiris ketika teologi Ennead dan Ogdoad melakukan penggabungan usaha. Menurut salah satu mitos Nephthys menyamar sebagai Isis untuk mendapatkan perhatian dari suami Set lalai nya, tapi malah tergoda Osiris (yang tampaknya tidak menyadari bahwa itu adalah Nephthys). Sebuah mitos alternatif menjelaskan bahwa Nephthys dimaksudkan untuk merayu Osiris dari awal dan dibius anggur untuk membuat tugasnya lebih mudah, sementara mitos kurang umum menyatakan bahwa dia melakukan trik suaminya menjadi daliance singkat untuk concieve Anubis. Hal ini menunjukkan bahwa kisah ini juga menjelaskan berkembangnya pabrik di daerah tandus karena biasanya Set ternyata ditemukan perzinahan ketika ia menemukan bunga yang ditinggalkan oleh saudaranya Osiris.Nephthys cipta SullyIsis dan Nephthys sangat dekat meskipun perselingkuhan dugaan Nephthys 'dengan Osiris (suami dari Isis) dan pernikahannya dengan Set (pembunuh Osiris). Nephthys melindungi tubuh Osiris dan Isis didukung saat ia mencoba untuk menghidupkan kembali padanya. Para dewi begitu mirip dalam penampilan yang hanya hiasan kepala mereka dapat membedakan mereka dan mereka selalu muncul bersama-sama dalam adegan penguburan. Bersama Isis dan Nephthys bisa dikatakan untuk mewakili siang dan malam, hidup dan mati, pertumbuhan dan pembusukan. Di Heliopolis, Isis dan Nephthys diwakili oleh dua pendeta perawan yang mencukur semua rambut tubuh mereka dan afdal.Nephthys biasanya digambarkan sebagai seorang wanita dengan hieroglif dari namanya (keranjang di atas glyph yang mewakili rencana estate) di kepalanya. Dia juga bisa digambarkan sebagai seorang wanita berkabung, dan rambutnya dibandingkan dengan strip kain yang digunakan dalam mumifikasi. Dia juga kadang-kadang muncul sebagai elang, layang-layang atau dewi bersayap dalam perannya sebagai pelindung orang mati. Pusat utamanya ibadah adalah Heliopolis (Iunu, di Nome 13 dari Mesir Hilir), Senu, Hebet, (Behbit), Per-mert, Re-nefert, Het-Sekhem, Het-Khas, Ta-kehset, dan Diospolites.




Ma´at

Ma'at


Meskipun ia sering dipersonifikasikan, Ma'at mungkin paling dipahami sebagai sebuah ide, bukan seorang dewi, tapi ia adalah pusat konsepsi tatanan semesta, keseimbangan dan ilahi di Mesir Kuno. The Ma'at Nama umumnya diterjemahkan sebagai "yang lurus" atau "kebenaran", tetapi juga menyiratkan "order", "keseimbangan" dan "keadilan". Jadi Ma'at tatanan sempurna dipersonifikasikan dan harmoni. Dia muncul menjadi ketika Ra bangkit dari perairan Nun (Chaos) sehingga ia sering digambarkan sebagai seorang putri dari Ra. Dia kadang-kadang dianggap sebagai istri karena dia Thoth adalah dewa kebijaksanaan.Orang Mesir kuno percaya bahwa alam semesta diperintahkan dan rasional. Para terbit dan terbenamnya matahari, banjir sungai Nil dan tentu saja predicable bintang-bintang di langit meyakinkan mereka bahwa ada permanen terhadap keberadaan yang sentral dengan sifat segala sesuatu. Namun, kekuatan kekacauan yang selalu hadir dan mengancam keseimbangan Ma'at. Setiap orang adalah berkewajiban untuk melestarikan dan mempertahankan Ma'at dan Firaun dianggap sebagai penjaga Ma'at. Tanpa Ma'at, Nun akan merebut kembali alam semesta dan kekacauan akan memerintah tertinggi.Orang-orang Mesir juga memiliki rasa yang kuat moralitas dan keadilan. Mereka merasa bahwa baik harus makmur, dan bahwa yang bersalah akan dihukum. Mereka memuji orang-orang yang membela yang lemah dan miskin dan menempatkan nilai tinggi pada loyalitas terutama untuk keluarga yang. Namun, mereka juga mengerti bahwa itu tidak mungkin untuk menjadi sempurna, hanya seimbang. Ma'at melampaui aturan etika tertentu (yang berbeda sesuai dengan waktu yang berbeda dan orang-orang yang berbeda) dan bukannya berfokus pada tatanan alam hal. Bahwa menjadi kata, tindakan tertentu yang jelas terhadap Ma'at karena mereka meningkatkan efek kekacauan dan memiliki efek negatif pada murni dunia.Setiap jiwa Mesir dihukum di Aula Ma'at (digambarkan dalam kitab lima orang tewas dan kitab kitab gerbang) ketika mereka meninggal. Hati mereka (nurani) ditimbang terhadap bulu Ma'at (suatu bulu burung unta) pada skala yang mewakili keseimbangan dan keadilan. Jika hati mereka adalah lebih berat daripada bulu karena mereka telah gagal untuk hidup seimbang dengan prinsip-prinsip Ma'at hati mereka baik dilemparkan ke dalam lautan api atau dimakan oleh dewa menakutkan dikenal sebagai Ammit. Namun, jika hati seimbang dengan bulu Ma'at mereka akan lulus ujian dan memperoleh kehidupan kekal. Pada waktu-waktu tertentu itu Osiris yang duduk sebagai hakim dalam ritual itu, dan dewa-dewa lain yang terlibat dalam upacara tersebut, tetapi timbangan selalu mewakili Ma'at.Bangsa Mesir Kuno juga memiliki sistem hukum yang dikembangkan untuk memastikan bahwa Ma'at telah diawetkan dalam kehidupan sehari-hari. Diperkirakan bahwa imam dari Ma'at terlibat dalam sistem peradilan serta cenderung kebutuhan dewi.

Ma'at

Semua penguasa Ma'at dihormati, tapi Akhenaten khususnya menekankan kepatuhan untuk Ma'at, meskipun (atau mungkin karena) pendekatan yang agak tidak konvensional untuk para dewa. Hatshepsut juga menekankan penghormatan dia untuk Ma'at dengan mengambil nama tahta Ma'atkare (keadilan adalah jiwa kembali), lagi-lagi mungkin karena sebagai penguasa perempuan dia perlu menunjukkan bahwa posisinya berada di garis Ma'at. Dia juga membangun sebuah kuil kecil untuk Ma'at dalam kantor polisi dari Montu di Karnak.Ma'at digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan mahkota dengan bulu burung unta tunggal menonjol dari itu. Dia kadang-kadang digambarkan sebagai dewi bersayap. Totem nya platform batu yang mewakili fondasi yang stabil di mana untuk dibangun dan gundukan primeaval yang pertama kali muncul dari perairan Nun (chaos).



Hathor

Hathor



Hathor adalah salah satu dewi yang paling terkenal dari Mesir Kuno. Dia dikenal sebagai "Satu dari Banyak Nama Besar" dan judul dan atribut begitu banyak bahwa ia penting dalam setiap bidang kehidupan dan kematian dari Mesir kuno. Diperkirakan bahwa ibadah itu tersebar luas bahkan dalam periode Predinastik karena ia muncul pada palet Narmer. Namun, beberapa ulama menunjukkan bahwa dewi sapi berkepala digambarkan pada palet adalah Bat sebenarnya (dewi sapi kuno yang sebagian besar diserap oleh Hathor) atau bahkan Narmer dirinya sendiri. Namun, dia tentu populer oleh Kerajaan Lama saat ia muncul dengan Bast di kuil lembah Khafre di Giza. Hathor mewakili Mesir Hulu dan Mesir Hilir Bast mewakili.Dia awalnya personifikasi dari Bima Sakti, yang dianggap sebagai susu yang mengalir dari ambing sapi surgawi (menghubungkan dia dengan Nut, Bat dan Mehet-Weret). Seiring waktu berlalu ia menyerap atribut dewi lain, tetapi juga menjadi lebih erat terkait dengan Isis, yang untuk beberapa derajat merebut posisinya sebagai dewi yang paling populer dan kuat. Namun ia tetap populer sepanjang sejarah Mesir. Lebih festival yang didedikasikan untuk dirinya dan anak lagi diberi nama setelah dia daripada dewa atau dewi Mesir Kuno. Ibadah nya tidak terbatas ke Mesir dan Nubia. Dia dipuja di seluruh Asia Barat Semit, Ethiopia, Somlia dan Libya, namun terutama dihormati di kota Byblos.Hathor copyright Gerard DucherDia adalah dewi langit, yang dikenal sebagai "Lady of Stars" dan "Penguasa Stars" dan terkait dengan Sirius (dan jadi dewi Sopdet dan Isis). Ulang tahunnya dirayakan pada hari yang Sirius pertama naik di langit (gemborkan innundation datang). Dengan periode Ptolemaic, ia dikenal sebagai dewi Hethara, bulan ketiga dari kalender Mesir.Sebagai "Nyonya of Heaven" dia dikaitkan dengan Nut, Mut dan Ratu. Sedangkan sebagai "Nurse Surgawi" yang dirawatnya Firaun dalam kedok sapi atau sebagai ara sycamore (karena memancarkan zat putih susu). Sebagai "Ibu dari Ibu" itu dia dewi wanita, kesuburan, anak-anak dan melahirkan. Dia memiliki kekuasaan atas apa pun yang berkaitan dengan perempuan dari masalah dengan konsepsi atau melahirkan, untuk kesehatan dan kecantikan dan masalah hati. Namun, dia tidak eksklusif disembah oleh perempuan dan tidak seperti para dewa dan dewi lainnya ia memiliki kedua imam laki-laki dan perempuan.HathorHathor juga merupakan dewi kecantikan dan pelindung seni kosmetik. Persembahan tradisional nazar nya adalah dua cermin dan ia sering digambarkan pada cermin dan palet kosmetik. Namun ia tidak dianggap sia-sia atau dangkal, bukan dia yakin kecantikannya sendiri dan kebaikan dan mencintai hal-hal indah dan baik. Dia dikenal sebagai "nyonya kehidupan" dan dipandang sebagai perwujudan dari sukacita, cinta, asmara, parfum, musik dansa, dan alkohol. Hathor terutama berhubungan dengan aroma dupa mur, yang dianggap sangat berharga dan untuk mewujudkan semua kualitas halus jenis kelamin perempuan. Hathor dikaitkan dengan pirus, emas perunggu, dan tembaga. Sebagai "Nyonya Turquoise" dan "nyonya Malachite" dia adalah pelindung penambang dan dewi Semenanjung Sinai (lokasi tambang yang terkenal). Orang-orang Mesir menggunakan riasan mata yang terbuat dari perunggu dasar yang memiliki fungsi pelindung (dalam memerangi infeksi mata) yang disebabkan Hathor.Hathor dari makam Horemheb di Lembah Para Raja cipta Jean Pierre DalberaDia adalah pelindung penari dan dikaitkan dengan musik perkusi, khususnya sistrum (yang juga jimat kesuburan). Dia juga dikaitkan dengan kalung Menit (yang juga mungkin telah menjadi instrumen perkusi) dan sering dikenal sebagai "Menit Besar". Banyak imam nya adalah seniman, musisi, dan penari yang ditambahkan ke kualitas kehidupan bangsa Mesir dan memujanya dengan mengekspresikan sifat artistik mereka. Hathor adalah inkarnasi tari dan seksualitas dan diberi julukan "Tangan Tuhan" (mengacu pada tindakan masturbasi) dan "Lady of Vulva". Salah satu mitos mengatakan bahwa Ra telah menjadi begitu sedih bahwa ia menolak untuk berbicara dengan siapa pun. Hathor (yang tidak pernah menderita depresi atau keraguan) menari di hadapannya mengekspos bagian-bagian pribadinya, yang menyebabkan dia tertawa lepas dan kembali ke roh yang baik.Hathor cipta Gerard DucherSebagai "wanita dari barat" dan "lady of the sycamore selatan" dia dilindungi dan dibantu orang mati dalam perjalanan terakhir mereka. Pohon tidak biasa di Mesir kuno, dan bayangan mereka disambut oleh hidup dan yang mati sama. Dia kadang-kadang digambarkan sebagai membagi-bagikan air ke almarhum dari pohon ara (peran sebelumnya dikaitkan dengan Amentet yang sering digambarkan sebagai putri Hathor) dan menurut mitos, dia (atau Isis) menggunakan susu dari pohon Sycamore untuk mengembalikan penglihatan kepada Horus yang telah dibutakan oleh Set. Karena perannya dalam membantu orang mati, dia sering muncul di sarkofagus dengan Nut (mantan di atas tutupnya, kemudian di bawah tutup). Dia kadang-kadang mengambil bentuk dari "Tujuh Hathors" yang dikaitkan dengan nasib dan meramal. Ia berpikir bahwa "Tujuh Hathors" tahu panjang dari setiap kehidupan anak-anaknya dari hari itu lahir dan mempertanyakan jiwa tewas saat mereka melakukan perjalanan ke negeri orang mati. Imam nya bisa membaca nasib seorang anak yang baru lahir, dan bertindak sebagai nubuat untuk menjelaskan mimpi rakyat. Orang-orang akan melakukan perjalanan bermil-mil untuk memohon dewi untuk perlindungan, bantuan dan inspirasi. The "Tujuh Hathors" disembah di tujuh kota: Waset (Thebes), Iunu (On, Heliopolis), Aphroditopolis, Sinai, Momemphis, Herakleopolis, dan Keset. Mereka mungkin telah dikaitkan dengan rasi bintang Pleiades.Namun, dia juga seorang dewi dari kehancuran dalam perannya sebagai Mata Ra - pembela dewa matahari. Menurut legenda, orang-orang mulai mengkritik Ra ketika ia memerintah sebagai Firaun. Ra memutuskan untuk mengirim "mata" nya melawan mereka (dalam bentuk Sekhmet). Dia mulai membantai orang oleh ratusan. Ketika Ra mengalah dan memintanya untuk menghentikan dia menolak karena dia dalam nafsu darah. Satu-satunya cara untuk menghentikan pembantaian adalah untuk bir warna merah (menyerupai darah) dan tuangkan campuran atas killing fields. Ketika dia minum bir, ia menjadi mabuk dan mengantuk, dan tidur selama tiga hari. Ketika ia terbangun dengan mabuk dia tidak punya selera untuk daging manusia dan umat manusia diselamatkan. Ra berganti nama Hathor dan dia menjadi dewi cinta dan kebahagiaan. Akibatnya, tentara juga berdoa kepada Hathor / Sekhmet untuk memberi mereka kekuatan dan fokus dalam pertempuran.Suaminya Horus penatua dikaitkan dengan Firaun, sehingga Hathor dikaitkan dengan Ratu. Namanya diterjemahkan sebagai "The House of Horus", yang merujuk baik ke langit (di mana Horus hidup sebagai Hawk) dan keluarga kerajaan. Dia memiliki seorang putra bernama Ihy (yang adalah dewa musik dan menari) dengan Horus-Behdety dan tiga disembah di Denderah (Iunet). Namun, hubungan keluarganya menjadi semakin membingungkan seiring berjalannya waktu. Dia mungkin pertama dianggap sebagai istri Horus penatua dan putri Ra, tapi ketika Ra dan Horus dikaitkan sebagai dewa komposit Re-Horakty dia menjadi baik istri dan putri Ra.Ini memperkuat hubungan nya dengan Isis, yang adalah ibu dari anak Horus oleh Osiris. Dalam Hermopolis (Khmunu) Thoth adalah dewa utama, dan Hathor dianggap istri dan ibu dari Re-Horakhty (dewa komposit yang bergabung dengan Ra Hor-akhty).Hathor, dari Papyrus of AniTentu saja, Thoth sudah punya istri, Seshat (dewi membaca, menulis arsitektur, dan aritmatika), sehingga Hathor diserap perannya termasuk bertindak sebagai saksi di pengadilan orang mati. Perannya dalam menyambut orang mati mendapatkan suami yang jauh - Nehebkau (penjaga pintu masuk neraka). Kemudian ketika Ra dan Amun bergabung, Hathor menjadi dilihat sebagai istri Sobek yang dianggap sebagai aspek Amen-Ra. Namun Sobek juga dikaitkan dengan Seth, musuh Horus!Dia mengambil bentuk seorang wanita, angsa, kucing, singa, perunggu, ara kurma, untuk nama tapi beberapa. Namun, manifestasi Hathor yang paling terkenal adalah sebagai sapi dan bahkan ketika dia muncul sebagai seorang wanita dia baik telinga seekor sapi, atau sepasang tanduk elegan. Ketika ia digambarkan sebagai sepenuhnya sapi, dia selalu telah indah dicat mata. Dia sering digambarkan dengan warna merah (warna gairah) meskipun warna suci nya pirus. Hal ini juga menarik untuk dicatat bahwa hanya dia dan kerdil dewa Bes (yang juga memiliki peran dalam melahirkan) yang pernah digambarkan dalam potret (bukan dalam profil). Isis meminjam banyak fungsi dan disesuaikan ikonografi nya sejauh seringkali sulit untuk memastikan mana dari dua dewi digambarkan. Namun, dua dewa yang tidak sama. Isis dalam banyak dewa yang lebih kompleks yang menderita kematian suaminya dan harus berjuang untuk melindungi anak bayinya, sehingga ia memahami cobaan dan kesengsaraan rakyat dan bisa berhubungan dengan mereka. Hathor, di sisi lain, adalah perwujudan dari kekuasaan dan keberhasilan dan tidak mengalami keraguan. Sementara Isis adalah belas kasihan, Hathor masih lajang berpikiran dalam mengejar tujuan nya. Ketika ia mengambil bentuk Sekhmet, dia tidak kasihan pada orang-orang dan bahkan menolak untuk menghentikan pembunuhan ketika diperintahkan untuk melakukannya







1. Ares
http://hermawayne.blogspot.com
Ares merupakan dewa perang dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal, yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.

2. Lucifer
http://hermawayne.blogspot.com
Lucifer adalah dewa perang, dia telah memenangkan perang selama 100 kali pertempuran, dia sangat dihormati karena dia lahir dari inti cahaya matahari. suatu hari dia mengkhianati TUHAN karena ingin sama seperti TUHAN. Pada akhirnya dia tetap tidak bisa menang melawan kebesaran TUHAN dan dijatuhkan dari surga dan menjadi iblis yang merupakan musuh utama dari TUHAN. Lucifer adalah iblis yang rupawan dan ahli musik, termasuk dansa.

3. Thor
http://hermawayne.blogspot.com
Dewa perang atau nama lainnya Thor. Merupakan gambaran dewa dengan senjata palu dan mengenakan sayap burung pada bagian kepalanya.

4. Tyr
http://hermawayne.blogspot.com
Dewa perang bangsa Nordik, penguasa hari selasa. (Tuesday berasal dari kata Tyr’s day)

5. Huitzilopochtli
http://hermawayne.blogspot.com
Huitzilopochtli adalah dewa nasional Aztek dan dia adalah Dewa Perang dan Dewa Matahari. Dia menuntut darah manusia. Di hari-hari perayaan ibadah, para korban dirobek dadanya dan direnggut jantungnya untuk dipersembahkan kepada sang Matahari (Huitzilopochtli), dan lalu dilemparkan ke dalam api. Tubuh korban lalu dilempar ke tangga kuil dan bergulir ke bawah, lalu dipotong-potong dan dimakan. Kulitnya digunakan sebagai baju perayaan agama.

6. Odin
http://hermawayne.blogspot.com
Dalam Mitologi Nordik, Odin adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: Odhr), yang berarti “perangsang”, “kemarahan”, dan “puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.

7. Guan Yu
http://hermawayne.blogspot.com
Guan Yu adalah dewa perang dari cerita Romance of Three Kingdoms. ksatria gagah berani yang namanya diabadikan sebagai simbol keberanian dan kemenangan. Sampai-sampai goloknya pun menjadi legenda dan simbol keperkasaaan. Seorang jenderal terkenal dari Zaman Tiga Negara. Guan Yu dikenal juga sebagai Kwan Kong, Guan Gong, atau Kwan Ie, dilahirkan di kabupaten Jie, wilayah Hedong. Ia bernama lengkap Guan Yunchang atau Kwan Yintiang. Guan Yu merupakan jenderal utama Negara Shu Han. Guan Yu itu juga sering disebut Dewa Perang, meskipun memang pada kenyataanya dia adalah seorang Jendral Perang.

No comments:

Post a Comment